BANYUMAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas resmi menggelar Deklarasi Damai Pilkada Banyumas 2024 di Taman Rakyat Andhang Pangrenan, PURWOKERTO (24/9/2024).

Deklarasi yang berlangsung pada Selasa siang itu sekaligus menandai dimulainya tahapan kampanye Pilkada Banyumas 2024 pada hari ini, Rabu (25/9/2024). Meski acara ini digelar di tengah hujan, acara tetap berjalan.

Salah satu poin penting yang disampaikan dalam deklarasi tersebut adalah keputusan KPU Banyumas untuk tidak mengadakan debat calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) selama masa kampanye. Hal ini dikarenakan Pilkada Banyumas tahun ini hanya diikuti oleh satu pasangan calon.

“Karena hanya ada satu paslon, pada masa kampanye tidak ada debat, nanti hanya penyampaian visi misi,” jelas Ketua KPU Banyumas, Rofingatun Khasanan.

Menurutnya, meski tanpa debat, KPU tetap akan menggelar acara penyampaian visi dan misi calon dengan melibatkan panelis untuk mendalami program-program yang diusung.

Lebih lanjut, Rofingatun menegaskan bahwa KPU tidak memfasilitasi kampanye untuk kolom kosong, yang kerap menjadi opsi dalam pilkada dengan calon tunggal.

“Tidak ada untuk kolom kosong, karena peserta pilkada adalah pasangan calon yang terdaftar dan ditetapkan oleh KPU Banyumas,” tambahnya.

Deklarasi kampanye damai ini dihadiri oleh pasangan calon, seluruh partai politik pengusung, serta perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyumas.

Acara dimulai dengan pembacaan naskah deklarasi kampanye damai yang dipimpin oleh Ketua KPU, diikuti oleh pasangan calon dan para pimpinan partai pengusung.

Deklarasi kemudian diakhiri dengan penandatanganan naskah komitmen damai oleh seluruh peserta, dilanjutkan dengan simbolis pelepasan burung merpati.

“Tahapan kampanye sendiri dijadwalkan berlangsung dari 25 September hingga 23 November 2024, memberikan waktu bagi pasangan calon untuk menyampaikan visi dan misi mereka kepada masyarakat Banyumas,” jelas Rofingatun.

sumber: radarbanyumas

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai