Jembrana – 16 September 2024, Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.Si., menegaskan komitmennya dalam mendukung pembentukan generasi muda yang berakhlak mulia saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H di Masjid Besar Mujahidin, Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Acara yang berlangsung dengan khidmat tersebut mengusung tema “Membangun Generasi Muda yang Berakhlak Mulia Meneladani Rasulullah SAW.”

Dalam sambutannya, AKBP Endang Tri Purwanto menyampaikan rasa syukur atas kesempatan berkumpul dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia menekankan bahwa peran generasi muda sangat penting untuk masa depan bangsa, dan meneladani akhlak Rasulullah adalah kunci utama dalam membentuk karakter mereka.

“Kami dari Polres Jembrana siap mendukung tema besar yang diusung pada peringatan Maulid Nabi tahun ini, yakni membangun generasi muda yang berakhlak mulia. Meneladani Rasulullah SAW adalah jalan untuk menciptakan generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab,” ujar Kapolres dalam pidatonya.

Ia juga menyampaikan pesan yang diterima dari Presiden Republik Indonesia saat kunjungannya ke Ibu Kota Negara (IKN) beberapa hari lalu. Pesan tersebut menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas nasional. AKBP Endang mengajak umat Islam di Jembrana untuk terus mendukung terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) demi stabilitas yang kokoh, khususnya di wilayah Jembrana.

“Keamanan bukan hanya tugas TNI dan Polri, tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat. Kami mengajak semua pihak, termasuk umat Muslim, untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan demi terciptanya stabilitas nasional yang kuat,” tambahnya.

Acara peringatan Maulid Nabi yang dihadiri oleh sekitar 1.500 jamaah ini juga dihadiri oleh Dandim 1617/Jembrana, Letkol Inf M. Adriansyah, S.I.P., M.I.P., serta tokoh masyarakat dan agama setempat. Penceramah utama KH. Abdul Hamid Hasbullah dari Pondok Pesantren Al-Azhar Jember, Jawa Timur, menyampaikan tausiyah yang menekankan pentingnya akhlak mulia sebagai warisan Nabi Muhammad SAW yang harus diteladani oleh generasi penerus.

Dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, AKBP Endang Tri Purwanto berharap nilai-nilai keteladanan Rasulullah dapat semakin tertanam dalam kehidupan masyarakat, terutama generasi muda, yang menjadi harapan bangsa ke depan.

 

Polres Jembrana, Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.Si., Kabupaten Jembrana, Pemkab Jembrana, Jembrana, Bali, Kepolisian Resor Jembrana, Polisi Jembrana, Endang Tri Purwanto, Polda Bali, Kepolisian Daerah Bali