REMBANG – Guna menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan, jajaran Kepolisian di Kabupaten Rembang Jawa Tengah memodifikasi mobil patroli.

Mobil yang biasa digunakan untuk pemantauan Kamtibmas itu “disulap” menjadi kendaraan semi tangki, untuk menyalurkan air bersih.

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. menyebut, modifikasi mobil patroli itu merupakan inisiatif pihaknya untuk membantu warga.

” Ya ini inisiatif kami untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih,” kata AKBP Suryadi, Minggu (8/9/2024).

Modifikasi mobil patroli dilakukan oleh jajaran Polsek Pancur Polres Rembang. Ide modifikasi mobil patroli itu berawal dari warga yang mengeluh kepada Bhabinkamtibmas, soal pemenuhan kebutuhan air bersih yang mulai sulit di saat kemarau panjang.

Beberapa di antaranya bahkan mengalami krisis air bersih, sehingga harus menempuh rute cukup jauh untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Melihat hal ini lah, Polsek Pancur memodifikasi mobil patroli Backbone untuk mengangkut air bersih. Air yang diambil dari Mapolsek itu lalu dibagikan kepada warga secara gratis di titik-titik krusial.

Selain patroli keamanan, kegiatan ini juga menjadi jembatan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak.

AKBP Suryadi menilai, modifikasi mobil patroli juga bisa ditiru oleh jajaran lainnya, mengacu pada kebutuhan warga akan air bersih.

Namun dari sekian Polsek jajaran itu, sebagian besar penyaluran air bersih dilakukan menggunakan truk tangki milik BPBD ataupun PDAM Kabupaten Rembang.

” Kehadiran Polri haruslah membawa manfaat untuk masyarakat banyak. Termasuk di antaranya membantu mengatasi kekurangan air bersih,” ujar Suryadi.

Kehadiran mobil patroli bantuan air pun langsung diserbu warga, dengan membawa beragam wadah. Mulai dari galon hingga ember. Suryadi berharap, kegiatan sambang tirta bermanfaat untuk warga.

” Semoga bermanfaat untuk masyarakat,” bebernya.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Rembang, Polisi Rembang, Artanto, Ribut Hari Wibowo