Palangka Raya – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi pembinaan masyarakat (Binmas) di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat. Rabu (4/9/2024).

Rakernis yang mengangkat tema, ‘Sinergi Fungsi Binmas dan Masyarakat dalam Mengawal Pilkada yang Berintegritas di Provinsi Kalimantan Tengah’ tersebut, dipimpin oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto dan dihadiri sejumlah pejabat utama serta personel Bhabinkamtibmas Polres dan Polsek jajaran.

Dalam arahannya, Kapolda mengatakan bahwa sebagai anggota Bhabinkamtibmas harus memahami tugas pokok dan fungsi binmas dalam pelaksanaan tugas.

“Rekan-rekan harus pahami dengan baik tugasnya itu sebagai apa dan bertanggungjawab kepada siapa,” ungkapnya

Djoko juga menyampaikan bahwa selain memahami tupoksi Binmas seluruh personel Bhabinkamtibmas juga harus paham terkait Satgas Penanganan Konflik Sosial (PKS).

“Pahami juga Satgas PKS untuk penanganan konflik ditengah masyarakat dan aturan yang berlaku, terutama terkait anomali pencurian TBS di perkebunan dan penyalahgunaan narkotika,” jelas Djoko.

Lebih dalam, Kapolda mengingatkan agar dalam pelaksanaan tahapan Pilkada personel Bhabinkamtibmas bisa menganalisa potensi gangguan Kamtibmas sebelum penetapan Paslon dengan mengetahui PKPU no 10 tahun 2024.

Diakhir arahannya, Djoko berpesan kepada para pejuang tangguh Polda Kalteng agar selalu menjaga kehormatan dan harga diri institusi Polri, serta jangan lelah berbuat baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Tingkatkan terus kepercayaan masyarakat dengan hadir memberikan solusi terbaik. Dan jangan sekali kali sakiti hati mereka.

“Semoga kegiatan Rakernis ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk trobosan kinerja yang lebih baik kedepannya,” tutup Irjen Djoko. (adji/sam)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng