LAMANDAU – Rumah-rumah warga yang berada di bantaran sungai di Kecamatan Delang terdampak yang cukup parah. Beberapa wilayah di sekitarnya juga terdampak banjir sampai setinggi dada orang dewasa. Penjabat (Pj) Bupati Lamandau Said Salim didampingi Kepala Dinas Sosial Lamandau Syaifudin Zuhri langsung meninjau lokasi terdampak banjir di Kecamatan Delang akhir pekan lalu.

Said mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamandau terus berupaya membantu warga-warga yang terdampak banjir. Pemkab memberikan bantuan paket sembako dan bantuan kesehatan. Untuk beberapa hari ke depan, Pemkab Lamandau akan memantau perkembangan banjir dan menyalurkan program-program bantuan yang ada.

“Saya berharap warga yang tempat tinggalnya terdampak banjir agar segera melaporkan kepada aparat terdekat agar cepat dilakukan penanganan dan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan”, pesan Pj Bupati.

Selain itu, Said Salim juga mengimbau kepada warga yang terdampak banjir agar segera mematikan aliran listrik dan segera menuju tempat-tempat yang telah disediakan oleh aparat, baik desa maupun kecamatan agar cepat dilakukan penanganan apabila kondisi tubuh para korban banjir mengalami gangguan kesehatan.

“Aparat desa maupun kecamatan juga diminta untuk bersiaga agar keluhan warga dapat tertangani dengan cepat,” ujarnya.

Diketahui dari data BPBD Kabupaten Lamandau, desa yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Delang diantaranya Sepoyu, Nyalang, Lopus, Kudangan, Hulu Jajabo dan Sekombulan. Untuk jumlah KK yang terdampak masih dalam pendataan, hal ini karena petugas di lapangan terkendala terputusnya akses jalan dan tidak adanya jaringan telekomunikasi.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati juga menyerahkan bantuan sembako sebanyak 50 paket untuk warga yang terdampak banjir. Diketahui beberapa hari ini curah hujan di Kabupaten Lamandau cukup tinggi sehingga beberapa ruas jalan, terutama di jalan negara lintas provinsi yang melalui Kecamatan Delang terendam oleh air yang meluap dari Sungai Delang.

sumber: RadarSampit.com

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Kabupaten Lamandau, Pemkab Lamandau, Lamandau, Kepolisian Resor Lamandau, Polisi Lamandau, Bronto Budiyono