Semarang – Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan beberapa kendaraan mengalami tabrakan beruntun di Tol Semarang-Solo. PT Trans Marga Jateng pun buka suara terkait peristiwa tersebut.
Dalam video yang diunggah akun @kejadiansmg terlihat mobil berwarna hitam, merah, dan putih. Mobil hitam terlihat berada di belakang mobil merah yang tampak ringsek menabrak bagian belakang mobil putih.

Terlihat pula beberapa orang di sekitaran mobil itu. Tampak beberapa anak SMA yang masih memakai seragam putih abu-abu.

Direktur Utama PT Trans Marga Jateng, Prajudi, dalam keterangannya menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.36 WIB, tepatnya di di KM 426+300 A arah Solo Ruas Jalan Tol Semarang-Solo. Kecelakaan tersebut sebenarnya melibatkan empat mobil.

“Insiden tabrakan beruntun ini melibatkan empat kendaraan yaitu minibus Pajero, minibus Xenia, minibus Jazz, dan minibus Innova,” kata Prajudi dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2024).

Lebih lanjut dijelaskan, kronologi kejadian bermula saat mobil Pajero menyundul bagian belakang Xenia. Kemudian dari belakang ada mobil Jazz yang menabrak bagian belakang Pajero. Setelah itu ada mobil Innova yang menyundul belakang Jazz.

“Pengemudi KR1 (Pajero) kurang antisipasi kemudian menabrak bagian belakang KR2 (Xenia), disusul KR3 (Jazz) menabrak bagian belakang KR1(Pajero) dan selanjutnya KR4 (Innova) menabrak bagian belakang KR3 (Jazz). Posisi akhir KR1, KR3, KR4 normal di lajur dua, sedangkan KR2 normal di bahu luar,” ujarnya.

Petugas tol langsung melakukan penanganan dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Insiden dapat selesai ditangani pihak tol sekitar pukul 11.02 WIB.

“Terpantau pukul 11.02 WIB petugas telah selesai melakukan penanganan insiden. Tidak terdapat korban dalam kejadian ini. Selanjutnya kejadian ini telah ditangani oleh Petugas Patroli Jalan Raya 1B PT Trans Marga Jateng. Nihil (korban jiwa),” tegasnya.

PT Trans Marga Jateng dalam keterangannya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kejadian ini. Mereka juga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, serta memastikan kondisi kendaraan laik jalan. Jika lelah dapat beristirahat di tempat yang telah disediakan.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo