REMBANG – Untuk mengantisipasi serta meminimalisir kasus nelayan atau anak buah kapal (ABK) yang meninggal dunia saat melaut, Sat Polairud Polres Rembang Polda Jateng melakukan Aksi Cek Kesehatan Berlayar (CKB) di Mako Satpolairud Polres Rembang, Rabu (14/8/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Si Dokkes Polres Rembang.

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. melalui Kasat Polairud Polres Rembang Iptu Mundhi, S.H. menjelaskan bahwa sasaran dari pengecekan kesehatan ini adalah para nelayan ataupun ABK yang hendak berangkat melaut atau berlayar.

Aksi Cek Kesehatan Berlayar ini dilakukan karena jumlah kasus nelayan atau ABK yang meninggal dunia ketika sedang melaut cukup banyak. Bahkan terjadi peningkatan.

“ Tahun 2022, ada 60 orang nelayan atau ABK Jawa Tengah yang meninggal dunia saat melaut. Kemudian pada triwulan pertama 2023 sudah ada 30 orang,” kata Iptu Mundhi. Mereka sebagian besar meninggal dunia karena sakit.

Maka dari itu, Direktorat Polairud Polda Jateng melaksanakan Aksi Cek Kesehatan Berlayar bagi para nelayan ataupun ABK sebelum pada nelayan dan ABK tersebut melaut atau berlayar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Polres-Polres jajaran yang punya wilayah pesisir laut.

Pengecekan atau pemeriksaan kesehatan meliputi cek tensi darah, kadar oksigen dalam darah (SpO2), riwayat masing-masing individu, dan sebagainya.

Apabila ada nelayan atau ABK yang sakit dan butuh dirujuk ke fasilitas layanan kesehatan lebih lanjut, maka akan ada petugas atau dokter yang akan melakukan pengecekan lebih lanjut dan akan merujuknya.

Di Pelabuhan Tasikagung Kota Rembang, kata Mundhi, sudah disediakan layanan pemeriksaan kesehatan dan gratis.

Iptu Mundhi  mengimbau ke para nelayan maupun ABK yang akan melaut untuk memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu.

“ Perlu kesadaran dari semuanya, para nelayan, ABK, dan stakeholder terkait untuk saling mengingatkan akan pentingnya pemeriksaan kesehatan sebelum melaut atau berlayar,” imbuhnya.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Rembang, Polisi Rembang, Artanto, Ribut Hari Wibowo