BANYUWANGI – Mobil jenis Kijang Nopol N 1274 ZL, mendadak terbakar di perkebunan tebu, Dusun Kali Sepanjang, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat kemarin (9/8/2024). Diduga mobil tangki modifikasi yang dikemudikan Salam (30), warga Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore tersebut mengangkut BBM subsidi jenis Pertalite secara ilegal.

Insiden kebakaran itu sempat membuat warga panik. Maklum, lokasi kejadian berdekatan dengan perkebunan tebu. Untung si sopir bisa menyelamatkan diri, sehingga hanya mengalami luka ringan.

Kapolsek Glenmore, AKP Budi Hermawan, mengungkapkan bahwa hasil pemeriksaan awal menunjukkan kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Dan diduga kuat, mobil tersebut telah dimodifikasi dengan menambahkan tangki bahan bakar tambahan di bagian bawah bodi mobil untuk meningkatkan kapasitas bahan bakar.

“Tangki (yang telah dimodifikasi) diduga diisi penuh dengan Pertalite, yang menyebabkan api cepat menyebar ketika terjadi percikan,” katanya, Sabtu (10/8/2024).

Insiden, masih Kapolsek Glenmore, bermula saat mobil terperosok ke dalam parit ketika mencoba menghindari jalan berlubang. Saat mencoba keluar dari parit dengan menginjak pedal gas, percikan api muncul dan langsung menyambar bodi kendaraan.

Salam, sopir kendaraan, yang mengalami luka bakar di wajah, tangan kiri dan lutut kanan, segera dilarikan ke Puskesmas Desa Sepanjang untuk mendapatkan perawatan.

Insiden kendaraan dengan mobil tangki modifikasi pengangkut BBM jenis Pertalite di Dusun Kali Sepanjang, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, ini menjadi perhatian masyarakat. Ketika PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara), sedang gencar melakukan efektivitas program BBM subsidi tepat sasaran, ternyata di Banyuwangi, terdapat mobil tangki modifikasi yang bisa dengan leluasa membeli BBM subsidi jenis Pertalite.

Informasi warga sekitar, di wilayah setempat disinyalir terdapat sekitar 3 kendaraan dengan tangki modifikasi yang rutin mengangkut BBM jenis Pertalite. Disebutkan, BBM subsidi tersebut selanjutnya diecer ke warga.

“Setahu kami, kalau tidak salah, mobil modifikasi seperti ini, beli Pertalite di SPBU Krikilan,” cetus K, warga sekitar.

Kasus ini sedang ditangani petugas Polsek Glenmore, Polresta Banyuwangi.

Sumber : timesindonesia.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono