LAMANDAU – Penjabat (Pj) Bupati Lamandau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, M. Irwansyah, menghadiri acara penting bertajuk “Penguatan Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal Posyandu Kabupaten Lamandau” di Aula Bappedalitbang, pada Rabu (7/8). Acara ini juga dihadiri oleh Kepala OPD terkait serta berbagai undangan.

Sekda M. Irwansyah menegaskan pentingnya peran kader Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar di masyarakat.

“Kader Posyandu sangat diharapkan dalam memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan akses ke layanan kesehatan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi serta menangani stunting secara efektif,” ujarnya.

Pada tahun 2024, Kabupaten Lamandau memiliki 99 Posyandu yang aktif melaksanakan pengintegrasian layanan dasar. Posyandu ini bertujuan untuk mensinergikan berbagai layanan yang diperlukan masyarakat, termasuk perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan, serta kesejahteraan sosial.

“Dengan tema integrasi layanan primer, Posyandu diharapkan dapat melayani seluruh siklus hidup, mulai dari bayi, balita, remaja, ibu hamil, hingga lanjut usia,” tambah M. Irwansyah.

Ia berharap pertemuan ini akan menghasilkan komitmen dari semua stakeholder untuk mengoptimalkan kelembagaan Posyandu dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Lamandau.

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Kabupaten Lamandau, Pemkab Lamandau, Lamandau, Kepolisian Resor Lamandau, Polisi Lamandau, Bronto Budiyono