BANYUWANGI – Satlantas Polresta Banyuwangi terus berupaya menekan angka kecelakaan dan pelanggaran di Banyuwangi. Selain melakukan patroli berkala, mobil incar Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) disiagakan di lokasi-lokasi rawan pelanggaran.

Salah satunya di Jalan Gatot Subroto, Banyuwangi, Minggu (4/8). Jalan tersebut menjadi pusat keramaian kendaraan yang hendak menyeberang ke Bali.

”Lokasi tersebut menjadi salah satu lokasi yang cukup rawan karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk dari Pelabuhan Ketapang,” ujar Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Amar Hadi Susilo.

Amar mengatakan, mobil incar ETLE disiagakan hampir setiap hari dengan menyisir lokasi-lokasi rawan kecelakaan dan pelanggaran. ”Patroli kami gencarkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas,” katanya.

Dalam sehari, mobil incar ETLE mampu merekam puluhan pelanggar lalu lintas. Mulai pelanggaran tidak mengenakan helm hingga penggunaan sabuk pengaman.

”Sehari bisa merekam puluhan pelanggaran, makanya kami optimalkan agar dapat membantu para petugas di lapangan,” ungkap Amar.

Diakui Amar, kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas semakin meningkat. Setidaknya naik 10 persen dari sebelumnya. ”Ada peningkatan dari 80 persen menjadi 90 persen. Kurang beberapa persen karena masih ada masyarakat yang sering tidak mengenakan helm,” ujarnya.

Amar berharap, masyarakat ikut berperan meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, terutama soal penggunaan helm saat berkendara.

”Dengan mengenakan helm, masyarakat sudah ikut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Sumber : radarbanyuwangi.jawapos.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono