BANYUMAS – Warga Desa Sidabowa, Kecamatan Patikraja, Banyumas digegerkan dengan adanya mobil yang nyasar hingga tengah permakaman setempat. Masyarakat yang sempat mengabadikan peristiwa itu mengaitkannya dengan hal-hal mistis lewat pesan berantai.

Terdapat dua video yang menarasikan kejadian itu. Video pertama berdurasi 42 detik menampilkan mobil yang berada di tengah-tengah makam.

“Aneh tapi beneran ini. Ada mobil masuk kuburan Sidabowa. Aneh tapi temenan (betulan). Kejadian aneh,” kata pria perekam video tersebut seperti dikutip, Jumat (26/7/2024).

Pada video ini menampilkan jenis mobil Nissan Evalia dengan pelat nomor R 9021 GS berwarna silver. Terdapat tulisan ‘Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial PDM Banyumas Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto’ di bodi bagian kanan belakang.

Kemudian video kedua yang berdurasi 52 detik menunjukkan kondisi kemacetan. Sebab, warga sekitar penasaran dengan keberadaan Evalia tersebut.

“Ada mobil masuk kuburan ini. Tahu-tahu sudah di tengah kuburan. Tuh tahu-tahu mobil di tengah kuburan, tadi malam, malam Jumat ini masuk, sekitar jam 2 an. Tuh mobilnya tuh. Ramai banget yang nonton. Macet, gara-gara mobil masuk kuburan,” terang seseorang yang merekam video tersebut.

Kondisi mobil yang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk ke area makam di Desa Sidabowa, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jumat (26/7/2024). Foto: Dok Polsek Patikraja

Alami Kecelakaan Tunggal

Saat dimintai konfirmasi, Kapolsek Patikraja AKP Azis Muslim membenarkan soal mobil yang nyasar di tengah makam. Dia menegaskan nyasarnya kendaraan itu tak ada kaitannya dengan hal mistis.

“Oh iya, betul itu kejadiannya, tapi itu kecelakaan tunggal. Tidak ada kaitannya dengan hal mistis. Tadi saya langsung cek ke lokasi begitu dapat informasi,” kata Aziz saat dihubungi, Jumat (26/7).

Azis menerangkan insiden itu terjadi pukul 02.30 WIB. Sopirnya berinisial LS (53), warga Desa Kedungwuluh Lor, Patikraja, Banyumas.

“Semula mobil Nissan Evalia nomor polisi R 9021 GS melaju dari arah utara ke selatan dengan kecepatan sedang sekitar 50-60 km/jam. Sesampainya di TKP kondisi jalan menikung arah kanan diduga mengantuk tiba-tiba menabrak tumpukan ban mobil bekas, oleng arah kanan keluar badan jalan masuk ke Tempat Pemakaman Umum,” terangnya.

Mobil lantas dievakuasi dari tengah kuburan menggunakan kendaraan lain sekitar pukul 07.30 WIB. Proes evakuasi itu jadi tontonan warga sehingga menimbulkan kemacetan.

“Sopir dari Surabaya habis ambil bantuan ponpes di Desa Notog Patikraja,” jelasnya.

Bukan gegara mistis, sopir itu ternyata mengantuk karena menempuh perjalanan jauh. ” Kemudian jalan jarak jauh, itu tinggal 2 km dari rumah dia ngantuk dan dipaksakan. Karena memang ngantuk jadi bablas,” ujar Azis.

Beruntung dalam kejadian tersebut sopir dan seorang penumpang berinisial SM (40) selamat dan tidak mengalami luka-luka. Pada saat kejadian kondisi lalu lintas juga sepi.

sumber: detikjateng

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo