Karanganyar – Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep resmi memberikan dukungan kepada Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi untuk maju calon Gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024. Begini respons Ahmad Luthfi soal dukungan dari Kaesang tersebut.

Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep bertemu di acara Munas Alap-alap Jokowi di De Tjolomadoe, Karanganyar. Awalnya, Ahmad Luthfi tiba terlebih dahulu, lalu disusul Kaesang sekitar 30 menit kemudian.

Mantan Kapolresta Solo itu sempat mendengar orasi politik dari Kaesang saat Munas Alap-alap Jokowi di De Tjolomadoe. Termasuk dukungan yang diberikan oleh Kaesang untuk dirinya.

“Masalah dukungan siapa pun boleh, dari partai, dari relawan dan lain sebagainya tapi secara resmi kami belum,” kata Ahmad Luthfi usai Munas Alap-alap Jokowi di De Tjolomadoe, Sabtu (27/7/2024).

Menurutnya, dengan banyaknya dinamika di masyarakat ini memerlukan wadah untuk menampung. Dirinya menyebut akan menyampaikan secara resmi jika sudah mencalonkan.

“Tapi prinsip ini kami hargai bahwa inilah dinamika masyarakat yang perlu wadah. Kalau secara resmi nanti kita sampaikan pada saat saya nanti sudah resmi mencalonkan, kalau selama ini kan belum,” ungkapnya.

Ditanya mengenai banyaknya dukungan dari relawan maupun partai politik, Luthfi menyebut hal itu sebagai spirit.

“Kita ucapkan terima kasih semua itu suatu spirit ya, yang untuk kita bisa jalan nanti tapi sekarang belum,” bebernya.

Tunggu Tanggal Mainnya

Sementara itu, saat di akhir sambutan di Munas Alap-alap Jokowi, Ahmad Luthfi menyebut untuk menunggu tanggal mainnya. Luthfi mengucapkan terima kasih kepada relawan yang telah percaya kepada dirinya meskipun dirinya belum menyatakan akan ke mana.

“Terima kasih bahwa rekan-rekan telah mempercayakan kegiatan ini meskipun secara resmi kami belum mempunyai maklumat bahwa saya akan ke mana, tetapi saya akan bertanya, apakah rekan-rekan bahwa nanti saya akan ke mana? Paham bapak ini mau ke mana?,” tanya Ahmad Luthfi.

Sontak relawan yang datang meneriakkan bahwa Luthfi akan maju sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Jateng satu,” kata relawan.

“Seng ngomong dudu aku (yang bilang bukan aku), sing ngomong kowe lho ya (yang bilang kamu lho ya),” jawab Luthfi.

Dirinya kembali menegaskan kepada relawan bahwa mereka paham setelah pulang dari Munas maka tahu langkah Luthfi selanjutnya.

“Yang penting rekan-rekan dalam hari paham setelah pulang, bapak ini mau ke mana,” ucapnya Luthfi.

“Wakil siapa?” tanya relawan.

“Kosek to yo ojo rame-rame (sebentar, jangan ramai-ramai),” jawab Luthfi.

Terakhir, Luthfi mengatakan bahwa sampai sekarang dirinya belum menyatakan untuk mencalonkan diri karena masih berdinas. Dirinya juga meminta untuk menunggu tanggal mainnya.

“Jadi saya minta, saya sampai sekarang, saya belum menyatakan bahwa nanti akan nyalon, karena saya masih dinas, tunggu tanggal mainnya. Tapi kalau rekan-rekan punya mindset terkait saya, terserah njenengan (kalian) yang penting paham,” tutup Luthfi.

Dukungan dari Kaesang

Sebelumnya, Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep mendukung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi sebagai calon Gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024. Hal itu diungkapkan Kaesang saat menghadiri Munas Alap-alap Jokowi di De Tjolomadoe, Karanganyar.

“Di sini hadir juga, Bapak Kapolda yang tersayang kita, Bapak Ahmad Luthfi. Kebetulan kami Partai Solidaritas Indonesia punya dua kursi di Jawa Tengah, mohon ini izin bapak kami serahkan ke bapak,” kata Kaesang dalam Munas Alap-alap Jokowi, Sabtu (27/7).

Kaesang mengaku, sebagai partai politik dirinya menginginkan sosok yang terbaik, mumpuni, dan mempunyai alasan yang baik di Jawa Tengah. Salah satu sosok yang mempunyai itu semua, kata Kaesang, yakni Irjen Ahmad Luthfi.

“Bertahun-tahun menjadi Kapolda Jateng, Wakapolda Jawa Tengah, dan pernah menjadi Kapolresta Solo, kurang apa beliau ini? Sudah berpengalaman sekali di Jawa Tengah, saya rasa beliau layak memimpin Jawa Tengah selanjutnya,” ujarnya.

Kaesang juga meminta kepada relawan Alap-alap Jokowi mendorong Ahmad Luthfi untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah berikutnya.

“Izin Pak Kapolda pura-pura nggak dengar nggak papa, Pak,” ujarnya.

Di akhir sambutan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu meminta bantuan kepada relawan untuk memenangkan calon Gubernur Jateng pilihan PSI.

“Bantu saya, bantu PSI untuk bisa memenangkan calon Gubernur pilihan kami di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Usai acara, saat ditanya kans dia menjadi Wakil dari Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Kaesang enggan menjawab.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia