HUMBAHAS – Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ke-24 Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD), Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Humbang Hasundutan (Humbahas), Dr Noordien Kusumanegara, SH, MH paparkan sejumlah capaian kinerja Kejari Humbang Hasundutan pada Periode Januari-Juli 2024, bertempat di Kantor Kejari Humbahas, Jl. Doloksanggul-Pakkat, Desa Sosortambok, Kec Doloksanggul, Senin (22/7).

Didampingi jajaran pejabat struktural Kejari Humbahas, Kajari menguraikan dalam bidang pembinaan, bahwa Kejari Humbahas memiliki pegawai berjumlah 41 orang. Penyerapan Anggaran per Juli 2024 sudah 62,75 %. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp64.970.864.

Kemudian bidang intelijen, pihaknya telah melakukan tujuh kegiatan operasi intelijen yakni pengawasan aliran kepercayaan, penerangan hukum, jaksa masuk sekolah dan jaksa menyapa.

Bidang Pidum, perkara yang sudah eksekusi sebanyak 42 perkara dan perkara yang masih tahap persidangan sebanyak 11 perkara. Perkara yang diselesaikan secara Restorative Justice (RJ) sebanyak satu perkara. Bidang Pidsus, pihak kejari telah melakukan penyelidikan empat perkara, penyidikan dua perkara dan penuntutan satu perkara.

Lanjut Noordien, Bidang Perdata Datun, yakni kegiatan non litigasi sebanyak 34 kegiatan, pelayanan hukum sebanyak 14 kegiatan, pertimbangan hukum sebanyak 4 kegiatan, MoU sebanyak 3 lembaga. Pemulihan Keuangan Negara sebesar Rp 86.218.575.

Kemudian Bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) telah dilakukan kegiatan pemusnahan barang bukti sebanyak 18 perkara, pengembalian barang bukti sebanyak 10 perkara, lelang dan penjualan langsung barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap terhadap 12 item barang bukti dengan hasil sebesar Rp32.315.000, dan sudah disetorkan ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Capaian kinerja kejaksaan pada periode Januari-Juli 2024, tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak. Dalam momentum peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ke-24 Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) ini, kami berkomitmen mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia emas,” pungkasnya.