BANYUWANGI – Ajang bergengsi balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) kembali digelar di Banyuwangi, Senin (22/7/24).

Event kelas dunia ini bakal diikuti 20 tim balap sepeda dari berbagai negara. Pembalap akan melahap rute sepanjang 632 kilometer (km) yang dibagi dalam empat stage.

Stage 1 digeber Senin (22/7) dengan jarak tempuh 136,2 km. Start dari SMKN 2 Tegalsari pukul 10.00 dan finis di depan kantor Bupati Banyuwangi Jalan A. Yani.

Hari ini direncanakan semua tim akan tiba di Banyuwangi. Mereka sudah disiapkan penginapan di Hotel Mirah.

Jumat (19/7) beberapa pembalap sudah mulai menjajal rute yang menyusuri kampung, hutan dan gunung. Mulai track lurus hingga rute penuh siksaan di jalur ”neraka” Erek-Erek, lereng Gunung Ijen.

Di antara pembalap asing yang sudah menjajal track ITdBI adalah tim CCache X Park Kup asal Australia.

Para cyclist menjajal track dari jantung kota Banyuwangi menuju arah selatan. Mereka berlatih tanpa pengawalan.

Latihan serupa dilakukan oleh pembalap asal New Zealand, Drage Jack Tane Bailey yang kini bermain untuk tim Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC).

Sejak tiba di Banyuwangi pada Rabu (17/7), pembalap berusia 22 tahun itu beberapa kali menjajal rute. Mulai dalam kota hingga tanjakan Ijen.

Latihan berjalan mulus karena jalan yang dilewati balapan yang masuk kaldener Union Cycliste Internationale (UCI) ini sudah diperbaiki, bahkan aspalnya sudah dipertebal.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono