HUMBAHAS – Untuk memastikan kesiapan dalam pelaksanaan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang lebih baik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar Rapat Evaluasi internal Capaian Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Triwulan II Tahun Anggaran 2024.

Rapat evaluasi itu dilakukan di Kantor Dinas Dukcapil Humbahas, Komplek Perkantoran Tano Tubu, Kecamatan Doloksanggul, Kamis (11/7/2024).

“Urusan Adminduk bukan pelayanan dasar, tetapi menjadi dasar dalam semua pelayanan,” ucap Jara Trisepto Lumbantoruan, Kepala Disdukcapil Humbahas.

Karena dia menyebut, pihaknya akan tetap memperbaiki pelayanan secara menyeluruh mulai dari sarana prasarana dan sumber daya manusia para staf sehingga mampu mewujudkan pelayanan prima untuk Indonesia maju.

Selain itu, Tertib Adminduk kata Jara, syarat mutlak untuk mendapatkan layanan publik yang tepat sasaran seiring dengan dinamika dan peristiwa kependudukan.

Berdasarkan Data PDAK (Pengelolaan Data Administrasi Kependudukan) Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri RI pada triwulan II TA 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Humbahas menerbitkan dokumen Adminduk sebanyak 17.995 dokumen.

“Dari jumlah itu, Kartu Keluarga (KK) 4.593 KK, Pencetakan KTP 5.140, KIA 1.664, Akta Kelahiran 1.559 lembar, Akta Kawin 480 lembar, Akta Kematian 372 lembar, SKPWI Datang 1.147 lembar, SKPWNI Keluar 1.262 lembar, Perekaman KTP 418 orang, Aktivasi IKD 683 orang,” jelasnya.

Jara menambatkan, produktivitas kerja Disdukcapil Humbahas sebanyak 310-311 persatuan hari kerja.

“Artinya Disdukcapil melakukan pelayanan Adminduk dan/orang sebanyak 310,” tambahnya.

Diapun mengatakan, saat ini tidak lagi menemukan adanya antrian dalam layanan sebab Disdukcapil Humbahas telah membuka loket khusus layanan dan inovasi sejaln dengan motto pelayanan CERIA (cepat-tepat-ramah-Integrasi-amanah).

sumber: rri.co

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan