PALANGKA RAYA – Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalteng melakukan kegiatan Skrining Hepatitis B (HBsAg) bagi seluruh personel bertempat di Lobby Ruang CT Scan Rumkit Bhayangkara setempat, Jumat (12/7/2024) pagi.

Kegiatan skrining hepatitis ini merupakan satu langkah untuk mendeteksi sedini mungkin terjadinya penularan penyakit hepatitis, mengingat para personel tersebut melakukan kontak langsung dengan pasien.

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan sehingga mereka tetap mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto memastikan bahwa kegiatan skrining kesehatan untuk para personel maupun tenaga kesehatan ini akan menjadi kegiatan pemeriksaan rutin setiap satu tahun sekali.

“Para tenaga kesehatan ini merupakan garda terdepan dalam melayani pasien, maka mereka sangat beresiko terpapar dengan penyakit-penyakit menular sehingga wajib dilakukan pemeriksaan secara rutin,” katanya.

Sebanyak 272 personel Rumkit Bhayangkara yang di skrining langsung menerima hasil pemeriksaan dan semua hasil nyatakan negatif.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pelayanan Medik dan Kedokteran Kepolisian (Kasubbidyanmeddokpol) Rumkit Bhayangkara Penata Susanta Imelda, S.Kep.,Ners., mengatakan bahwa setelah menjalani skrining nantinya para personel akan direncanakan untuk dilakukan pemberian vaksinasi hepatitis B.

“Pemberian vaksinasi hepatitis B nantinya akan menyasar personel atau tenaga kesehatan dengan skala prioritas sesuai dengan area resiko,” ujarnya.

Perlu diketahui bersama, pemberian vaksin Hepatitis B nantinya akan dilakukan beberapa kali, yakni bulan ke-0, bulan ke-1, serta bulan ke-6 dan penyuntikan dilakukan pada otot lengan atas. (Har/Sam)

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng