Connect with us

News

Kapolda DIY Koordinasi dengan Polda Jateng, Kuatkan Penjagaan dan Patroli

Published

on

JOGJAKARTA, Jateng – Kapolda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Irjen Pol Suwondo Nainggolan pastikan kondisi di sejumlah sudut Kota Jogja berangsur kondusif. Walau begitu pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi. Berupa penyiagaan dan patroli di wilayah Kota Jogja dan Kabupaten sekitarnya.

Langkah ini guna mencegah munculnya kerusuhan susulan. Berawal dari kerusuhan yang terjadi di kawasan Jalan Kusumanegara, Jalan Kenari dan Jalan Tamansiswa. Tepatnya antara satu kelompok dengan warga Kota Jogja.

“Kami terapkan penjagaan satu kompi. Selain itu patroli juga ada di sini dan seluruh wilayah Polres koordinasi. Juga dengan Polres Klaten Polda Jateng lakukan koordinasi sehingga bisa lakukan amankan situasi di Jogjakarta,” jelasnya saat berada di Pendopo Tamansiswa, Kota Jogja, Senin dini hari (5/6).

Suwondo meminta warga Jogjakarta tidak terpancing upaya provokasi. Terutama yang berujung pada kerusuhan dengan kelompok lainnya. Dia meminta agar tetap menahan diri agar penanganan langsung oleh Kepolisian.

Pihaknya juga telah mengevakuasi ratusan anggota kelompok ke Mapolda DIJ. Total dibawa dengan 16 truk milik Polisi. Seluruhnya telah diamankan agar situasi kondusif.

“Proses evakuasi sudah lakukan. Dibawa ke Mapolda menggunakan kendaraan Polri, 16 truk yang dibawa ratusan (orang),” katanya.

Awal mula kasus ini adalah penganiayaan di kawasan Pantai Parangtritis. Tepatnya dengan korban anggota kelompok silat yang juga anggota SAR inisial AS, 48, dan tersangka dari kelompok suporter bola Jogjakarta.

Atas kejadian ini, Polres Bantul telah menetapkan tiga tersangka. Diantaranya inisial DP, 27, warga Gedongtengen Kota Jogja, HA, 27, warga Bekasi yang tinggal di Gamping Sleman, dan ketiga adalah BA, 31, warga Jogjakarta.

“Kasus Bantul sudah proses, ditangkap 3 orang sudah proses dan segera limpahkan ke Kejaksaan,” ujarnya.

Atas kejadian awal tersebut, Suwondo memastikan pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak yang bertikai. Hasilnya adalah menyerahkan sepenuhnya kasus kepada Polisi. Selain itu juga meredam gejolak yang terjadi.

“Komunikasi sudah baik dengan berbagai pihak. Situasi ini diluar daripada pihak yang sudah komunikasi dengan kami,” katanya.

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Pati, Polres Batang, Polres Humbahas, Polda Sumut, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, AKBP Hary Ardianto, Polres Banjarnegara

Terpopuler