Connect with us

Nasional

Prestasi Memukau: Dua Pelajar Banjarnegara Dapatkan Medali Perak di Lomba Robot Nasional

Published

on

BANJARNEGARA, Jateng – Dua pelajar Banjarnegara bernama Mohammad Yudanta, siswa SMAN 1 Wanadadi dan Muhammad Nizae Al Farizi, siswa MTs N 3 Banjarnegara, berhasil meraih medali perak dalam lomba robot nasional Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) tahun 2023 di Tangerang.

Dua pelajar yang masih saudara sepupuan ini, turun pada kategori creative robot senior kolaborasi SMP dan SMA. Mereka membuat detektor gas beracun dan karyanya membuat juri kepincut hingga menempatkan duet saudara sepupu ini meraih peringkat II nasional.

Muhammad Nisar mengatakan, munculnya ide proyek robot deteksi gas beracun ini bermula dari kepeduliannya terhadap ancaman gas beracun yang ada di dataran tinggi Dieng Banjarnegara. Selama ini, warga harus hidup berdampingan dengan ancaman gas beracun yang bisa muncul kapan saja.

“Selama ini cara yang dilakukan masih tradisional untuk memberitahukan warga, ketika gas beracun muncul. Sehingga kami ingin membuat hal yang bisa membantu masyarakat, dalam mengantisipasi korban saat adanya kemunculan gas beracun,” katanya.

Menurutnya, dalam pembutaan detektor gas beracun ini sangat sederhana. Komponen yang dibutuhkan hanya Smartboard, Sensor Gas, LED Red, LED Green, Buzzer, dan Software yang digunakan Arduino IDE. Robot ini, setidaknya bisa memberikan solusi dalam meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Senada dengan yang diungkapkan rekannya, Mohammad Yudanta mengatakan, karya yang dibuat bersama adik sepupunya ini menggunakan MRT Full Kit Education dengan mengambil konsep dan bentuk Pos Jaga.

Sementara itu, Pembina Robotik Tim Megabara yang juga guru TIK di SMAN 1 Wanadadi, Arwahyu Sugito mengatakan, lomba IRC 2023 ini diikuti oleh peserta dari berbagai penjuru Nusantara. Bahkan beberapa peserta, sudah memiliki pengalaman dalam lomba yang sama.

“Ini tantangan bagi kami, Alhamdulillah kami masih bisa membawa medali perak,” ujarnya.

 

Sumber: serayunews.com

 

 

#POLDA JATENG, #JATENG, #JAWA TENGAH, #POLRESTABES SEMARANG, #POLRES REMBANG, #POLRES DEMAK, #POLRES BANJARNEGARA, #POLRES PATI, #POLRES SEMARANG, #POLRES BATANG, #SEMARANG, #PATI, #DEMAK, #BANJARNEGARA, #BATANG, #UNGARAN, #POLRI NEWS, #DENSUS, #POLRI, #BANSOS POLDA, #POLDA DAN COVID, #VAKSINASI POLDA, #LISTYO SIGIT, #OKNUM POLISI, #HUMAS POLRI, #HUMAS, #DIVHUMAS, #BIDHUMAS POLDA JATENG

Terpopuler