Connect with us

News

Ternyata Bukan Sigaluh, Inilah 5 Kecamatan Termaju di Banjarnegara, Asetnya Ada Yang Terbesar Se Jawa Tengah

Published

on

BANJARNEGARA – Dengan wilayah seluas 1.064,52 km persegi, Banjarnegara memiliki 20 kecamatan dan 12 kelurahan serta 266 desa.

Dari 20 kecamatan yang ada di Banjarnegara terdapat beberapa kecamatan termaju dibanding beberapa kecamatan lainnya.

Diketahui, terdapat 5 kecamatan yang terbilang maju dari berbagai sektor atau usaha yang terdapat di Kabupaten Banjarnegara.

Sektor yang menjadi keunggulan dari 5 kecamatan ini misalnya, sektor perdagangan, pertanian, industri, atau UMKM.

Dikutip Bondowoso Network dari channel YouTube Awan TV, berikut ini 5 kecamatan termaju yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

 

1. Purwareja Klampok

Kecamatan Purwareja Klampok berada di bagian barang Kabupaten Banjarnegara. Kecamatan ini terbilang subur karena kaya air dan irigasi.

Komoditas yang dihasilkan kecamatan Purwareja Klampok, diantaranya padi, palawija, ikan, keramik.

2. Mandiraja

Jarak pusat pemerintahan Mandiraja ke Kota sekitar 21 kilometer. Kecamatan ini berada di ketinggian 132 meter dari permukaan laut.

Kecamatan Mandiraja memiliki banyak keunggulan di setiap desanya, misalnya batik tulis, aplikasi pupuk sapi, pengembangan pupuk organik, dan lain-lain.

3. Bawang

Kecamatan Bawang ternyata memiliki banyak UMKM, diantaranya produk nasi jagung Sinta Bara, sepatu dan tas rajut, dan asinan buah sedap.

Sementara untuk potensi alam terdapat Waduk Mrica yang menjadi sumber listrik tenaga air dan wisata Gunung Lanang di Desa Wiradrana.

4. Purwonegoro

Kecamatan Purwonegoro terletak di sebelah barat Kota Banjarnegara dengan jarak sekitar 17 km.

Kecamatan ini memiliki aset perdagangan ikan terbesar di Jawa Tengah. Pasar ini terletak di sebelah barat pasar tradisional Purwonegoro.

5. WanadadiJarak Kecamatan Wanadadi ke pusat pemerintahan Banjarnegara sekitar 6 km. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai pegawai, petani, dan pedagang.

Tingkat kemajuan kecamatan yang ada di Kabupaten Banjarnegara tentu akan berbeda-beda dalam setiap tahunnya, sebagaimana yang terdapat dalam data BPS.

Kecamatan yang tergolong maju pada tahun ini boleh jadi tergeser oleh kecamatan yang lain di kabupaten tersebut

sumber: bondowoso.jatimnetwork.com

#Polda Jateng, #Jateng, #Jawa Tengah, #Humas Polri, #Polrestabes Semarang, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Banjarnegara, #Polres Semarang, #Polres Pangandaran, #Polres Mempawah, #Polres Batang, #Pemkab Banjarnegara, #Kabupaten Banjarnegara, #Banjarnegara, #Polda Jateng, #Polda Kalbar, #Hendri Yulianto, #Budi Adhy Buono, #Irwan Anwar, #Dandy Ario Yustiawan, #Kapolres Sintang, #AKBP Tommy Ferdian

Terpopuler