Connect with us

Nasional

Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i Jadi Pembina Upacara HUT Satpam ke-42

Published

on

Melawi, Polda Kalbar – Polres Melawi Jajaran Polda Kalbar menggelar Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke-42 (30 Desember 2022), Kegiatan upacara HUT Satpam ini dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Mapolres Melawi, Senin (30/1/2023) pagi.

Adapun tema HUT Satpam ke-42 tahun 2022 ini mengusung tema yaitu “Sinergitas Satpam dan Polri Peduli Untuk Sesama”.

Kegiatan Upacara HUT Satpam ke-42 ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H dan dihadiri juga tamu undangan perwakilan penggunaan jasa Satpam yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bank Kalbar, PT. KSP Batu Buil, PT. Ikhasas. Dan dihadiri juga Para Pejabat Utama Polres Melawi, Kapolsek Nanga Pinoh dan Kapolsek Belimbing, Personel Polres Melawi dan anggota Satpam di Kabupaten Melawi.

Dalam sambutannya, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si.

Kapolri, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan (Satpam) dimanapun bertugas. Kapolri juga berharap, Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

“Terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia. Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi, untuk itu potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa,” baca AKBP Muhammad Syafi’i.

Lanjutnya, “Kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dilingkunganmya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” terangnya.

Tambahnya, “Dalam perkembangannya Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial diberbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, rekan-rekan Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas seperti pada penanganan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Kapolri juga berharap, anggota Satpam harus senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas. Junjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas satpam dimanapun berada. Tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan Satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri di lapangan.

Kegiatan HUT Satpam ke-42 ini, dilanjutkan dengan acara syukuran di Aula Tri Brata Mapolres Melawi.

 

#Polda Kalbar, #Polda Kalimantan Barat, #Kapolda Kalbar, #Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, #Kombes Pol Raden Petit Wijaya, #Kabidhumas Polda Kalbar, #Polres Sintang, #Polres Bengkayang, #Polresta Pontianak, #Polres Kubu Raya, #Polres Sambas, #Polres Mempawah, #Polres Melawi, #Polres Kapuas Hulu,#Polres Kayong Utara, #Polres Singkawang, #AKBP Fauzan Sukmawansyah, #Polda Jateng, #Polda Jawa Tengah, #Jateng, #Jawa Tengah, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Banjarnegara, #Polrestabes Semarang, #Polres Pati, #Polres Batang, #Polres Semarang, #Kompol Cucu Safiyudin, #Humas Polri, #AKBP Tommy Ferdian

Terpopuler