Connect with us

News

Gelar Jum’at Curhat, Polda Kalbar Bahas Cyber Crime dan Harap Pengguna Sosmed Lebih Bijak

Published

on

Pontianak, Polda Kalbar – Polda Kalimantan Barat menggelar Jum’at curhat dengan tema “Talking With Cyber Policy Polda Kalbar” di Warkop Upgrade Kota Pontianak, (27/1).

Adapun Pembicara kegiatan tersebut dibuka oleh Kasubbid Penmas AKBP Prinanto mewakili Kabid Humas Polda Kalbar, Ps Kasubdit 1 Ditreskrimsus Kompol Belen Anggara Pratama, S.I.K., M.H, Kanit Subdit 5 Siber Ditreskrimsus Kompol Asep Mustopa Kamil, S.H., M.H, dan di ikuti mahasiswa BSI Pontianak dan siswa SMA Kemala Bhayangkari.

Kompol Asep Mustofa Kamil S.H., M.H. Kanit 1 subdit 5 Polda Kalbar mengatakan, kejahatan penipuan sebanyak 578 kasus dimana korban di lingkup Kalbar.

“Tentunya kita butuh waktu untuk memproses karena dimana banyaknya lokasi pelaku di luar wilayah Kalimantan Barat, untuk itu warga harus lebih waspada dalam berbelanja terutama belanja online dan harus teliti,” ungkapnya.

Ia menambahkan, beberapa kejahatan cyber bukan hanya penipuan online tetapi Video Call Seks (VCS) juga ada membuka pakaian merupakan teri masuk kejahatan Cyber.

Ps Kasubdit 1 Ditreskrimsus Kompol Belen Anggara Pratama, S.I.K., M.H. menjelaskan, Secara umum Kejahatan cyber yaitu teknologi informasi terutama media di belanja online di berita hoax dan ujaran kebencian

“Terutama Smart dalam bermedia sosial dan berpikir bijak dalam melihat dan membaca agar tidak menjadi korban maupun pelaku cyber,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, penggunaan dari teknologi informasi ataupun peran media sosial itu lebih dewasa dan lebih bijak lagi jadi peran polisi sebagai pembawa informasi yang informatif, masyarakat dalam penggunaan media sosial itu menjadi kunci untuk pencegahan.

“Penyalahgunaan media sosial ataupun intinya selain dari inforsement prinsip dan preventif yang dilakukan Polda Kalimantan Barat itu tetap dilaksanakan terutama menjelang tahun politik sehingga tidak terjadi konflik baik itu dipicu maupun hoax.

 

#Polda Kalbar, #Polda Kalimantan Barat, #Kapolda Kalbar, #Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, #Kombes Pol Raden Petit Wijaya, #Kabidhumas Polda Kalbar, #Polres Sintang, #Polres Bengkayang, #Polresta Pontianak, #Polres Kubu Raya, #Polres Sambas, #Polres Mempawah, #Polres Melawi, #Polres Kapuas Hulu,#Polres Kayong Utara, #Polres Singkawang, #AKBP Fauzan Sukmawansyah, #Polres Pangandaran, #AKBP Hidayat, #Polda Jateng, #Polda Jawa Tengah, #Jateng, #Jawa Tengah, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Banjarnegara, #Polrestabes Semarang, #Polres Pati, #Polres Batang, #Polres Semarang, #Polres Pangandaran, #Kompol Cucu Safiyudin, #Humas Polri, #AKBP Tommy Ferdian

Terpopuler