Connect with us

News

Jalan Ambles, Jalur Banjarnegara-Dieng Ditutup Total

Published

on

Banjarnegara – Akses jalan menuju Dieng di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara ambles. Imbasnya, akses jalan Banjarnegara-Dieng ditutup total.

Amblesnya jalur wisata ke Dieng di Desa Sumberejo ini disebabkan lantaran gorong-gorong terbawa arus pada Selasa (6/12/2022) sore. Hal tersebut membuat jalan ambles.

“Kemarin sore sekitar jam 3 gorong-gorong terbawa arus saat debit air tinggi. Sehingga jalur menuju Dieng di Desa Sumberejo ambles,” jelas Camat Batur, Aji Piluroso.

Aji mengatakan sementara akses jalan Banjarnegara-Dieng ditutup. Baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Berdasarkan rekomendasi terakhir, jalan ditutup. Untuk Banjarnegara-Batur masih bisa, tetapi kalau ke Dieng tidak bisa,” ujarnya.

Sementara, bagi warga maupun wisatawan yang akan pergi ke Dieng memutar balik dan menggunakan jalur melalui Kabupaten Wonosobo. Saat ini masih dilakukan perbaikan.

“Kalau untuk warga atau wisatawan yang mau ke Dieng sementara lewat Wonosobo dulu. sekarang sedang dilakukan perbaikan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah untuk perbaikan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Bina Marga untuk perbaikan. Saat ini masih dilakukan perbaikan jalan di Desa Sumberejo,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada wisatawan luar daerah sementara untuk memilih jalur Wonosobo-Dieng. Mengingat jalur lewat desa-desa sekitar tidak direkomendasikan.

“Kalau untuk wisatawan atau warga luar daerah sebaiknya lewat Wonosobo dulu untuk ke Dieng. Kecuali warga sekitar memang bisa lewat jalur Sidengok,” terangnya.

Terpopuler