Connect with us

Nasional

Asap Indah Wonosari Angkat Demak Dengan Meraih Juara Pertama API Award 2022

Published

on

DEMAK –  Asap Indah Wonosari Kabupaten Demak berhasil menjadi juara satu kategori Destinasi Belanja terbaik di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022. Pengumuman dan penghargaan pada puncak API Award 2022 berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, kompleks Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jumat (25/11/22) malam.

Acara di hadiri bupati Demak Eisti’anah untuk menerima penghargaan tersebut. Turut mendampingi plt kadinas Pariwisata Endah Cahyarini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan penghargaan dari API Award ini untuk yang kesekian kalinya. Menurutnya pada tahun 2021 kabupaten Demak pernah meraih dua penghargaan di dua destinasi di juara dua dan juara tiga.

” Tahun lalu 2021 Demak meraih juara dua dalam ajang bergengsi ini kategori Minuman Tradisional Jamu Coro, sedangkan Destinasi belanja wisata pada alat musik kesenian Rebana sebagai juara tiga, ” ujar Endah Cahyarini.

Ditambahkan Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Ardhito Prabowo, bahwa kegiatan API AWARD ini sudah ke 7 kalinya di gelar sejak tahun 2016 lalu. Namun untuk Kabupaten Demak merupakan tahun ketiga dalam mengikuti ajang bergengsi tersebut.

” Pada tahun 2020 lalu Pantai Istambul di ikutkan sebagai kategori Destinasi Wisata namun belum menjadi juara. Kemudian di tahun 2021 Kabupaten Demak kembali mengikuti dengan dua kategori yakni Destinasi Belanja Rebana dan Minuman Tradisional Jamu Coro” Jelas Ardhito Prabowo.

Kemudian Lanjut Ardhito Prabowo di tahun ini Demak ikut satu kategori Destinasi Belanja Asap Indah Wonosari dan Alhamdulilah berhasil meraih juara pertama.

Sementara Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga dengan Kabupaten Demak yang telah berhasil meraih penghargaan ini.

“Alhamdulillah ini sangat membanggakan, karena di ajang nasional Kabupaten Demak berhasil mendapat juara satu. Terimakasih untuk semuanya yang telah mendukung Kabupaten Demak di API AWARD tahun 2022, prestasi tersebut tidak terlepas dari peran seluruh masyarakat Kabupaten Demak yang telah mendukung dan mengantarkan Asap Indah Wonosari sebagai terbaik pertama secara nasional” Kata Eisti’anah.

Bupati juga merencanakan untuk tahun depan di ajang yang sama akan mengikutkan dua Destinasi.

“Kita akan ajukan destinasi wisata baru yaitu Demak Green Garden yang ada di Rowo Mijen dan Blangkon,” Terang Bupati.

Dirinya berharap dengan adanya prestasi tersebut pariwisata yang ada di Kabupaten Demak bisa lebih dikenal oleh kalangan masyarakat baik ditingkat provinsi maupun nasional.

Perlu diketahui bahwa Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik Masyarakat, pihak Industri/Swasta maupaun Pemerintahan-pemerintahan Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Pada penyelenggaraannya, API dimulai dengan mengajak para pejalan serta para wisatawan (domestik dan internasional), dan masyarakat luas di Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka.

Pemilihan dilakukan dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler