Connect with us

News

UKSW Salatiga Pamerkan Puluhan Produk Inovasi

Published

on

SALATIGA  Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga memamerkan puluhan produk inovasi. Pameran ini digelar di lapangan kampus, Selasa (22/11/2022).

Pameran ini menyuguhkan hasil inovasi civitas akademika dalam kegiatan bertajuk Link-Match Innovation Expo dan menampilkan 26 tenant  menyambut Dies Natalis ke 66 UKSW.

Terdapat tujuh klaster produk inovasi  terdiri klaster pangan dan pertanian, klaster kesehatan, klaster energi dan lingkungan. Kemudian  klaster Artificial Intelligence, Internet of Things dan teknik, klaster edukasi,  klaster pariwisata dan industri kreatif serta klaster startup dan kewirausahaan.

Klaster pangan dan pertanian, produk yang ditampilkan salah satunya minuman serbuk dari daun tempuyung yang diolah oleh mahasiswa Program Studi (prodi) Teknik Pangan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UKSW.

Produk ini memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai alternatif penghancur batu ginjal. Masih di klaster yang sama, pengunjung juga dapat melihat secara langsung alat pengusir burung berbasis panel surya bernama Nggusah.

Alat Nggusah  ini dibuat mahasiswa dan laboran Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW dinobatkan menjadi produk inovasi terbaik kedua dalam ajang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tingkat Kota Salatiga tahun 2022.

Selain itu juga ada berbagai permainan edukatif dari klaster edukasi. Permainan dengan memanfaatkan prinsip dasar fisika, matematika, geografi hingga sejarah ditampilkan oleh para mahasiswa dari berbagai prodi berlatar pendidikan serta Pusat Studi e-SisTem (Pendidikan Sains, Teknologi dan Matematika).

Koordinator Pameran, Dr. Andreas Setiawan, S.Si., MT. mengatakan  selain tenant  yang turut dipamerkan juga peralatan penunjang laboratorium Biomolekuler UKSW, minyak gosok dan body lotion, kosmetika, biopolymer, laboratorium AioT AI Mining, sorting mesin, virtual tourism, master plan wisata dan masih banyak lagi. Ditambahkannya kegiatan ini juga dilengkapi dengan screening kesehatan yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh pengunjung.

“Inovasi yang dipamerkan berasal dari hasil penelitian peneliti UKSW maupun inovasi yang berasal dari pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan ini, hasil penelitian serta produk inovasi UKSW makin dikenal dan menumbuhkan ide inovasi baru yang bisa dikembangkan,” jelas Andreas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler