Connect with us

Nasional

Wow! Produk Kerajinan Pemalang Diminati Pengunjung Luar Negeri di Inacraft

Published

on

Pemalang – Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karya perajin Pemalang dilirik pengunjung luar negeri saat dipamerkan di ajang Expo Inacraft diadakan di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 26–30 Oktober 2022.

Kali ini Pemalang menampilkan kerajinan dari limbah bambu dan kayu jati, kain goyor batik, dan berbagai aksesoris. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia, mengatakan ini merupakan kali kedua Pemalang ikut serta.

“Ini pameran kedua kalinya, dan kemarin (pameran sebelumnya) alhamdulillah respons bagus. Jadi, kami ikut lagi,” kata dia, dikutip jatengprov.go.id, Kamis (27/10). Shanti menjelaskan Pemalang menampilkan berbagai kerajinan yang khas, seperti dari limbah bambu dan kayu jati.

Menurut dia, produk-produk ini diminati para pengunjung pameran.

“Peminat lebih banyak dari luar negeri. Mereka suka yang unik-unik makanya kami bawa yang punya ciri khas. Wisatawan dari luar negeri sangat apresiasi dengan hasil kerajinan kita,” papar dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pemalang Mansur Hidayat berharap semakin banyak warga Pemalang yang dapat menampilkan hasil karyanya dalam pameran sejenis ini.

“Harapannya, ke depan Pemalang ada yang bisa menampilkan kreasi yang lain, sehingga bisa kami pamerkan baik di Inacraft atau event lain,” ungkap dia.

Sementara itu, salah satu perajin asal Desa Pulosari, Iwang, mengaku Inacraf sangat bermanfaat dalam mempromosikan kerajinan UMKM. Iwang berharap, berbagai kerajinan asal Pemalang semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler