Connect with us

Nasional

Sinergi Dengan Pemkab, Polres Pemalang Buka Binlat Pada Siswa Berprestasi

Published

on

Pemalang – Kapolres Pemalang, AKBP Ari Wibowo membuka secara resmi Pembinaan dan Pelatihan (Binlat) Rekruitment Polri Unggul Berprestasi (Reputasi). Pembinaan dan pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 3 bulan itu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang.

“Binlat Reputasi untuk menindaklanjuti program prioritas Kapolri, pada bidang transformasi organisasi pada point pemantapan program rekruitmen Polri,” kata Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo usai apel pembukaan Binlat Reputasi di halaman Mapolres Pemalang, Senin (24/10) pagi.

Kapolres Pemalang mengatakan, kegiatan ini adalah hasil kerjasama Polres Pemalang dengan Pemerintah daerah Kabupaten Pemalang, untuk memberikan pembinaan dan pelatihan kepada pelajar kelas XII SMA/ sederajat dengan prestasi akademik dan olahraga, yang memiliki keinginan untuk menjadi anggota Polri.

“Peserta Binlat Reputasi tidak dipungut biaya, karena telah didukung anggarannya dari Pemerintah Kabupaten Pemalang,” kata Kapolres Pemalang.

“Dengan bekal yang diberikan, harapannya para peserta nantinya akan siap berkompetisi dalam penerimaan Polri dengan prinsip Betah, yakni bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” imbuh Kapolres Pemalang.

Dalam pelaksanaan Binlat, Kapolres Pemalang mengatakan, materi yang diberikan oleh instruktur kepada para peserta mengacu pada tahapan seleksi, yakni kesampataan jasmani, kesehatan, akademik dan psikologi.

“Polres Pemalang bersama Pemerintah daerah hanya memfasilitasi, bukan menjamin kelulusan, semua tergantung usaha dan ikhtiar para peserta Binlat,” kata Kapolres.

Mengenai ditunjuknya Disparpora oleh Pemerintah daerah dalam kegiatan Binlat, Kepala Disparpora Mualip mengatakan, pihaknya adalah pengemban tugas pembinaan pada pemuda, seperti lomba akademik, non akademik maupun olah raga.

“Sebagai bentuk dukungan Pemerintah daerah pada anak yang berprestasi, kami memfasilitasi anak-anak yang berprestasi melalui event-event yang diselenggarakan oleh Disparpora Kabupaten Pemalang secara berjenjang, mulai tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional,” kata Mualip.

Termasuk puluhan anggota Paskibraka tahun 2022, Kepala Disparpora mengatakan, mereka terpilih mengikuti Binlat Reputasi sebagai bentuk apresiasi pemerintah Kabupaten Pemalang.

“Karena kita semua tahu, menjadi anggota Paskibraka tidak mudah, mereka terpilih melalui seleksi ketat,” kata Mualip.

“Kami berharap, kegiatan kerjasama melalui Binlat ini akan terus kita berlanjut, untuk memfasilitasi anak-anak yang berprestasi di Kabupaten Pemalang,” imbuh Mualip.

Terpopuler