Connect with us

Breaking News

SAR Arnavat Pemalang Terbentuk, Dikukuhkan Kapolres Pemalang

Published

on

PEMALANG – Tim SAR Arvanat dibentuk Polres Pemalang baru-baru ini. Tim ini dikukuhkan Pantai Jaka Tingkir, Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan oleh Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo.

Anggota tim ini menurut Kapolres berasal dari masyarakat yang siap bersinergi dan berkolaborasi aktif dengan Polri, TNI AL dan BPBD Kabupaten Pemalang.

“Jadi mereka yang tergabung dalam tim dan relawan SAR Arnavat, akan bergerak bersama petugas dalam misi kemanusiaan, seperti penyelamatan korban dalam musibah kecelakaan, baik di perairan laut ataupun sungai,”kata Kapolres.

Tim SAR Arnavat lanjut dia dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi awal untuk mendukung keberhasilan dalam misi penyelamatan korban musibah kecelakaan laut.

“Secara berkesinambungan akan dilakukan pelatihan, untuk meningkatkan kemampuan para relawan,”ujarnya.

Sementara itu masyarakat yang tergabung dalam relawan Arnavat sebagian besar berasal dari wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Pemalang. Saat ini Tim Arvanat berkekuatan 30 orang relawan namun demikian kedepan dapat kembangkan jumlah dan keterampilannya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan wilayah perairan pantai utara dan selatan Jawa Tengah memiliki karakteristik gelombang tinggi. Kondisi ini menyebabkan rawan terjadinya kecelakaan laut antara lain kapal tenggelam, orang tenggelam, hilang, hanyut dan jatuh ke laut.

Terpopuler