Connect with us

Breaking News

Petugas APD Lengkap Evakuasi Bangkai Ayam di Sungai Jurang Gunting Salatiga

Published

on

Salatiga – Ratusan bangkai ayam terbungkus puluhan karung ditemukan warga di dasar Sungai Jurang Gunting, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), dievakuasi, Sabtu (22/10/2022). Petugas BPBD Kota Salatiga pun mengenakan alat pelindung diri (APD).

Ratusan bangkai ayam ini pertama kali dilaporkan warga karena bau menyengat di Jalan Raya Solo– Semarang. Warga yang curiga dengan asal bau tersebut kemudian melakukan pencarian hingga ke aliran sungai. Alhasil, ditemukan puluhan karung plastik berisi ratusan bangkai ayam di dasar sungai sedalam 7 meter.

“Baunya ini sangat menyengat sampai akhirnya warga mencari sumber bau, ternyata ada di jembatan ditelaah ada bangkai ayam,” kata Lurah Ledok, Bambang Hartono, Sabtu (22/10/2022).

Selain sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar, aroma busuk menyengat juga mengganggu para pengendara yang melintas. Diduga bangkai-bangkai ayam tersebut sengaja di buang oleh pihak yang tak bertanggung jawab dari atas jembatan.

“Saya kira ini dari luar kota karena pembuangan ini di pingggir jalan. Sehingga mudah untuk membuang ke jurang,” katanya.

Proses evakuasi berlangsung dramatis, dimana petugas harus mengenakan pakaian APD lengkap dan menuruni jurang. Satu persatu karung kemudian dievakuasi menggunakan tali yang ditarik dari atas jembatan.

“Kami evakuasi dulu agar tidak berdampak lebih. Yang jelas baunya ini mencemari,” kata Kadis Lingkungan Hidup, Kota Salatiga, Sulistyaningsih.

Usai dievakuasi ke atas jembatan ratusan bangkai ayam kemudian di bawa petugas ke tempat pembuangan sampah Ngronggo untuk di musnahkan. Petugas juga masih akan melakukan penyelidikan guna mengungkap pelaku pembuangan ratusan bangkai ayam tersebut.

Terpopuler