Connect with us

News

Pemkab Banjarnegara Gelar Dialog bersama Masyarakat dan Geo Dipa, Redam Ketegangan

Published

on

Salatiga – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengadakan forum musyawarah dan dialog bersama masyarakat, pemerintah desa Karangtengah serta PT Geo Dipa Energi (Persero) terkait dengan kelanjutan pembangunan PLTP Dieng Unit 2.

Forum musyawarah dan dialog ini dilakukan di Balai Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara pada Senin 24 Oktober 2022.

Hal ini dilakukan setelah tinjauan lapangan ke area pembangunan proyek PLTP Dieng Unit 2 oleh Pj. Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto.

Sempat terjadi ketegangan di antara masyarakat, selaku penyelenggara, Pemkab Banjarnegara menunda sementara jalannya musyawarah, untuk meredam ketegangan.

Musyawarah pun dilanjutkan dan dilakukan secara terpisah antara masyarakat penolak dan pendukung pembangunan proyek PLTP Dieng Unit 2.

Sebagai informasi tambahan sebelum agenda berlangsung, sebagian masyarakat memasang spanduk di Balai Desa yang baik yang memberikan dukungan maupun kontra terhadap pengembangan PLTP Dieng Unit 2 di Desa Karangtengah.

Proses musyawarah dilakukan secara berimbang untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat memberikan aspirasinya kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

PT Geo Dipa Energi (Persero) menegaskan bahwa sebagai salah satu undangan dalam musyawarah ini, dalam ketegangan yang sempat terjadi, pegawai Geo Dipa Energi tidak terlibat apalagi melakukan tindakan represif.

Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto pada kesempatan tersebut menyampaikan poin-poin hasil diskusi, diantaranya mempersilakan Geo Dipa Energi untuk mengambil material-material yang masih tersimpan di Pad-38 atau eks mes PLN yang berlokasi di Desa Karang Tengah.

Seluruh peserta sudah sepakat untuk menjaga wilayah Dieng Banjarnegara untuk tetap kondusif.

“Alhamdulillah telah tercapai kesepakatan, antara lain, Geo Dipa Energi menyanggupi untuk tidak ada aktivitas pembangunan di wilayah Pad-38 dan warga pun yang sebelumnya menghalangi pengambilan material akhirnya mengizinkan,” ujarnya kepada Media Selasa 25 Oktober 2022.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler