Connect with us

News

Longsor di Banjarnegara Putus Akses Jalan, Warga 3 Dusun Terisolir

Published

on

Banjarnegara – Akses jalan menuju Desa Suwidak, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, putus total akibat bencana tanah longsor. Sedikitnya 1.000 jiwa dari tiga dusun di Desa Suwidak terisolir.

Kepala Desa Suwidak Rip Santoso mengatakan bencana tanah longsor di Desa Bantar membuat akses jalan menuju wilayahnya putus total.

“Ada sekitar 1.000 jiwa dari 312 KK terisolir. Yakni warga yang berada di Dusun Ngaliyan, Selomanik dan Krobokan,” sebut Santoso saat ditemui di lokasi tanah longsor, Rabu (26/10/2022).

Jalan putus sejak dua hari lalu tak hanya mengisolir rumah warga, tapi juga mengisolir bangunan sekolah dasar dan kantor pemerintahan Desa Suwidak.

“Bangunan SD dan kantor pemerintahan desa juga ikut terisolir,” sambungnya.

Sementara kebutuhan mendesak saat ini adalah listrik dan air. Sedangkan kebutuhan makanan diperkirakan masih cukup untuk beberapa hari.

“Untuk kebutuhan yang mendesak itu listrik dan air. Kalau kebutuhan makanan sekarang masih ada. Diperkirakan masih cukup untuk tiga hari sampai satu minggu ke depan,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih mencatat kerugian akibat bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Bantar tersebut. Mengingat akses ekonomi terutama di tiga dusun itu putus total.

“Untuk kerugian masih kita hitung. Karena akses ekonomi putus total. Warga juga tidak bisa membawa hasil panennya sejak jalan itu putus,” terangnya.

Terpopuler