Connect with us

News

Lengkapi Surat dan Jangan Melanggar Saat Berkendara, Mulai 3 – 16 Oktober 2022 Satlantas Polres Salatiga Gelar Operasi Zebra

Published

on

Salatiga – Mulai Senin 3 Oktober 2022 sampai 16 Oktober 2022, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Salatiga akan menggelar Operasi Zebra Candi 2022.

“Warga Salatiga diminta untuk mempersiapkan perlengkapan saat berkendara,”kata Kasatlantas Polres Salatiga AKP Betty Nugroho, Jumat (30/9/2022).

Dijelaskan AKP Betty, dalam operasi ini menyasasaran pelanggar lalu lintas yakni menggunakan hand phone saat berkendara, tidak memakai sabuk pengaman, tidak menggunakan helm, dan melanggar marka jalan.

“Pengendara yang mengemudi melebihi kecepatan dan kendaraan yang membawa muatan melebihi kapasitas (Over dimension over load/ODOL),”jelasnya.

Selain itu operasi kali ini akan menggunakan sistem Elektronic Traffic Law Enforecement (ETLE).

“Petugas akan banyak melakukan patroli, karena kamera hand phone untuk ETLE Polres Salatiga sudah tambah lagi,”ujarnya.

AKP Betty menambahkan, setelah ada pelanggaran, nanti surat tilang akan dikirim ke alamat sesuai dengan STNK kendaraan bermotor yang tercantum.

“Untuk itu kami menghimbau kepada pemilik motor untuk melakukan balik nama kendaraan,”imbaunya.

Tak hanya itu, Polres Salatiga juga segera akan memasang kamera ETLE dengan resolusi yang tinggi dan diletakkan di beberapa titik jalan Kota Salatiga. Diantaranya di Jalan Jendral Soerdirman dan Jalan Lingkar Salatiga.

“Perlu digaris bawahi resolusi kamera dari satlantas sangat tinggi. Sehingga walaupun pengguna roda empat yang memakai kaca tebal tidak memakai sabuk atau menggunakan hand phone akan ketahuan,”terang AKP Betty.

Betty menambahkan bawhwa operasi yang akan digelar selama 14 hari itu, pihaknya menargetkan pelanggaran lalu lintas 100 tilang per hari.

“Kami punya target Seratus tilang setiap hari, terkait dengan pelanggaran ETLE,” ungkapnya.

Dan pada Senin (3/9/2022), pihaknya akan menggelar pasukan bersama melibatkan personil yang akan bertugas dalam Operasi Zebra Candi 2022.

Terpopuler