Connect with us

News

Geo Dipa Energi Bersama Warga Batur Banjarnegara Capai Kesepakatan

Published

on

BANJARNEGARA – Warga desa Karangtengah dan bakal, kecamatan Batur mencapai kata sepakat dengan Geo Dipa Energi terkait penolakan pembangunan power plant atau pembangkit listrik pad 38 PLTP Dieng 2.

Dilansir dari laman pemkab Banjarnegara, kesepakatan tersebut ditandai dengan penanadatanganan nota kesepakatan oleh perwakilan warga dengan Geo Dipa Energi serta Pj Bupati Banjarnegara Tri Hasto Widirahmanto.

Proses penandatangan kesepakatan tersebut dilaksanakan pada Jumat 28 Oktober 2022 yang juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri, Anggota komisi II DPRD, Camat Batur serta Kades Karangtengah.

Berikut beberapa kesepakatan yang telah disetujui oleh berbagai pihak yakni

1. Pembongkaran pagar dan peralatan bangunan ex mess PLN di welpad 38 dapat dilakukan, selanjutnya Geo Dipa Enegeri dipersilahkan untuk memasang Patok sebagai pembatas arela lahan miliknya.

2. Pengambilan seluruh material proyek yang terdapat pada aera ex mess PLN dapat dilakukan dan tidak ada pembangunan pembangkit listrik (power plant) dan sumur panas bumi.

Pembangunan yang dapat dilakukan di wilayah desa Karangtengah dan desa Bakal merupakan pembangunan yang tidak membahayakan masyarakat serta ekosistem.

3. Proses pembongkaran pagar (teknis menunggu izin penghapusan assest terbit), peralatan bangunanex mess PLN dan pengambilan material proyek pada area ex mess PLN atau wellpad 38 dilakukan selama 50 hari kerja terhitung sejak surat perjanjian bersama ini ditandatangani.

4. Masyarakat desa karangtengah dan desa Bakal ikut memantau serta mengawasi secara langsung kegiatan pengambilan material proyek serta peralatan ex bangunan mess PLN, pintu gerbang dibuka lebar dan akan tetap dibuka.

5. Pekerja yang akan mengerjakan peralatan ex bangunan mess PLN merupakan masyarakat lokal desa Karangtengah.

Usai penandatanganan nota kesepakatan tersebut, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto membuka gerbang Pad 38 yang disaksikan oleh warga dan Geo Dipa Energi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler