Connect with us

News

1.000 Meter Bendera Merah Putih Diarak Keliling Lapangan Pancasila dan Tugu Ganesha Salatiga

Published

on

SALATIGA – Ratusan relawan terlibat dalam arak-arakan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter, mengelilingi Lapangan Pancasila dan Tugu Ganesha (Jl Tentara Pelajar), Jumat 28 Oktober 2022.

Kegiatan yang digagas Ikatan Alumni SMAN 1 Salatiga (Ikasmanssa) tersebut, melibatkan berbagai elemen sukarelawan mulai dari pelajar, TNI/Polri, organisasi pemuda, organisasi masyarakat, pemerintah daerah, dan lainnya.

Arak-arakan membawa bendera dimulai dari membentangkan bendera di depan Tugu Pancasila.

Dianjutkan menyusuri Jl Tentara Pelajar, memutar Tugu Ganesha, dan berakhir di sekitar gerbang pintu masuk Polres Salatiga.

Ketua Ikasmanssa, Pudjo Suseno SE, memimpin langsung kegiatan arak-arakan tersebut.

”Kegiatan membentangkan bendera merah putih sepanjang 1 km ini merupakan gagasan Ikasmanssa dengan mengajak semua elemen masyarakat, bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober,” kata Pudjo Suseno.

Diharapkan dengan kegiatan ini mampu membangkitkan semangat perjuangan yang telah digelorakan pemuda dan pemudi Indonesia saat dicetuskan Sumpah Pemuda.

”Selanjutnya bagaimana saat ini kita melanjutkan perjuangan dengan melaksanakan pembangunan,”

“Semoga dengan kegiatan membentangkan bendera sepanjang 1 km ini meneguhkan hati kita, untuk tetap bersemangat di bawah panji-panji merah putih membangun bersama Indonesia,” ungkap mantan Direktur PT Semen Indonesia tersebut.

Adapun bendera dipinjam dari pemiliknya di Solo (Surakarta).

Semalam sebelumnya digelar tirakatan dan selamatan, agar pelaksanaan arak-arakan membentangkan bendera merah putih 1.000 meter tersebut, berjalan lancar.

Pudjo mengaku salut dengan kerja sama semua relawan untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan itu.

Upaya membentangkan bendera merah putih 1.000 meter itu, juga dalam rangka mengenalkan Kota Salatiga lebih luas lagi baik di Tanah Air maupun dunia.

Endah, salah satu siswi SMA yang mengikuti kegiatan itu, mengaku bangga bisa terlibat bersama ratusan sukarelawan lainnya.

Menurutnya kegiatan ini mampu membentuk kecintaan pada Tanah Air Indonesia dan semangat melanjutkan perjuangan para pahlawan.

”Baru kali ini saya mengikuti kegiatan yang heroik seperti ini. Sebagai generasi muda, kami jadi terus bersemangat,” ujarnya.

Terpopuler