Connect with us

Nasional

Ekspedisi Maritim TNI AL di Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi: Ini Bukan Sekadar Selebrasi

Published

on

SALATIGA – Kota Salatiga dijadikan salah satu kota rujukan dalam Ekspedisi Maritim yang diinisiasi oleh Mabes TNI Angkatan Laut.

Kegiatan ini sebagai bentuk pusat informasi dan edukasi kepada kaum milenial agar memahami sejarah bahwa ini merupakan bangsa Maritim besar dan sangat kuat.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Ekspedisi Maritim TNI AL, Kolonel Laut (KH) Paseh Mawardi di Gedung Papak Kantor Wali Kota Salatiga, Rabu (28/9/2022).

“Hal ini untuk membuktikan sejarah bahwa kita adalah bangsa maritim dengan latar belakang banyak kerajaan besar dan mempunyai pengaruh ke maritim nusantara.”

“Mulai dari kerajaan Kutai, Tarumanegara, Mataram kuno, Sriwijaya, Singosari dengan berbagai macam expedisinya.”

“Dari berbagai macam sejarah ini, diharapkan kalangan muda bisa teredukasi secara baik,” kata Kolonel Laut (KH) Paseh, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, ekspedisi ini akan sangat bermanfaat karena tidak hanya sebagai informasi tentang kelautan, namun masih banyak yang bisa digali di dalamnya sebagai pusat sejarah.

“Ekspedisi maritim tersebut mudah-mudahan akan memberikan informasi dan mengedukasi kepada kaum milenial bahwa kita ini adalah bangsa maritim yang sangat kuat.”

“Di Salatiga ada tokoh pahlawan Angkatan Laut yang terkenal yaitu Yos Sudarso dan di sini akan kami gali dan pilah dengan mengangkat sejarah Angkatan Laut, sejarah maritim, potensi maritim,” tambahnya.

DanLanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi menambahkan, pihaknya hadir tidak hanya untuk mencari informasi tentang kemaritiman, namun untuk sosialisasi tentang Angkatan Laut.

“Potensi maritim yang memang perlu digembor-gemborkan.”

“Di Salatiga ini ada pahlawan nasional yang luar biasa yang mungkin juga menjadi ikon di Salatiga seperti di Lapangan Pancasila ada patungnya Yos Sudarso.”

“Kemudian rumah peninggalan keluarga Yos Sudarso dan patungnya juga ada di Taman TWSS Salatiga,” kata Kolonel Maritim Hariyono.

Sementara itu, Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi menyambut baik ekspedisi tersebut, terlebih ada anak muda yang tampil untuk menunjukkan rasa cintanya kepada maritim (kelautan) sesuai versinya.

“Ekspedisi maritim di Kota Salatiga bukan sekadar selebrasi, tetapi bagaimana menanamkan nilai-nilai kecintaan kepada ibu pertiwi dan kecintaan untuk menjaga lautan mulai dari kebersihannya, keindahannya, dan merawat kejayaan dan keindahan lautan,” kata Sinoeng.

“Terima kasih kepada jajaran TNI Angkatan Laut atas antusiasme dan memilih Salatiga sebagai salah satu kota yang akan digali informasinya,” imbuhnya.

Di Salatiga banyak cerita dan salah satunya yang terkenal adalah Pahlawan Nasional Yos Sudarso yang gugur di laut Arafuru saat merebut Irian Barat dan dia lahir di Kota Salatiga.

“Salatiga mempunyai banyak inspirasi dan nilai-nilai kepahlawanan, Salatiga The Romantic Of City dan kami yakin bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan, Jalesveva Jayamahe,” ungkapnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler