Connect with us

News

Dan Lanal Semarang Ingin Rumah Yos Soedarso di Salatiga Jadi Museum

Published

on

SALATIGA – Tim Expedisi Maritim bersama Dan Lanal Semarang Kolonel Hariyono mengunjungi Kota Salatiga, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari expedisi yang dimulai sejak 10 hari lalu.

“Jadi, kunjungan ini berawal dari Jakarta menuju ke berbagai kota, termasuk Kota Salatiga, dan berakhir di Daerah Rembang, Jawa Tengah,” katanya, Rabu (28/9/2022).

Saat sampai di Kota Salatiga, pihaknya langsung diterima Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi.

Haryono menuturkan, kegiatan itu juga bertujuan untuk mengenalkan TNI AL kepada masyarakat, khususnya Kota Salatiga.

Ia menyebut, Kota Salatiga memiliki pahlawan yang sangat legendaris bagi Indonesia, yakni Yos Soedarso.

Kolonel Hariyono bersama tim juga menyempatkan berkunjung ke rumah masa kecil Yos Soedarso yang berada di Jalan Gladakan No. 3 RT 01 RW 05 Kota Salatiga.

Dan Lanal Semarang menyatakan, rumah milik Yos Soedarso itu ke depan ingin dijadikan sebagai museum. Menurutnya, dengan dijadikan sebagai museum, keberadaannya dapat untuk mengedukasi anak muda agar lebih mengenal tentang kepahlawanan, khususnya Yos Soedarso.

“Kai dari Angkatan Laut inginnya rumah ini kami jadikan museum, karena sejarahnya, dan dapat dijadikan wisata edukasi bagi masyarakat juga. Dengan begitu, masyarakat secara tidak langsung juga dapat mengenal angkatan laut, dan juga kami ingin menyosialisasikan angkatan laut di wilayah Salatiga,” jelasnya.

Selain itu, Hariyono mengungkapkan, tim expedisi bersama Dan Lanal Semarang juga berkunjung ke Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS).

 

Terpopuler