Connect with us

Blora

TNI Polri Di Blora Ikut “Sambatan” Dirikan Rumah Warga

Published

on

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Bhabinkamtibmas desa Nglengkir Polsek Bogorejo Polres Blora Polda Jawa Tengah Aipda Setyo Wahyu Widodo bersama Babinsa Koramil Sertu Imam Maskur dan anggota Satpol PP mengikuti kegiatan “Sambatan”, Senin, (14/02/2022).

Kegiatan Sambatan adalah salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah kabupaten Blora, dan sampai saat ini masih terpelihara.

Secara harfiah Sambatan berasal dari kata sambat (jawa) yang artinya mengeluh. Namun sambatan disini merupakan sebuah tradisi budaya dengan kearifan gotong royong masyarakat. Dimana secara bersama-sama warga membantu tenaga secara sukarela tanpa imbalan atau upah untuk menolong orang lain. Salah satunya yang dilakukan di wilayah desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo ini.

Adapun rumah warga yang dibangun adalah rumah Mbah Lasmi. Dimana mbah Lasmi ini adalah seorang nenek tua yang belum mempunyai rumah, dan dari pemerintah desa Nglengkir, Mbah Lasmi dibangunkan rumah di tanah bengkok desa dan untuk material rumah adalah dari bantuan para dermawan serta iuran sukarela dari warga.

Bhabinkamtibmas Aipda Setyo Wahyu menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sinergitas bersama antara Polri, TNI, Satpol PP dengan warga desa untuk saling bantu membantu warga yang membutuhkan.

“Alhamdulilah, kegiatan sambatan ini sudah membudaya di sini. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjaga silaturahmi dan kerukunan antar warga,” ucap Bhabinkamtibmas.

Sementara itu, Kepala Desa Nglengkir Suparman,SH membeberkan bahwa pembangunan rumah untuk Mbah Lasmi ini adalah hasil diskusi bersama pihak desa dengan BPD serta warga masyarakat setempat. Sehingga disetujui untuk membangunkan rumah bagi Mbah Lasmi.

“Berawal dari empati warga, akhirnya kami berdiskusi dan disetujui untuk membangunkan rumah bagi Mbah Lasmi. Wargapun antusias untuk memberikan bantuan seadanya,” ucap Kepala Desa.

Sementara itu, Mbah Lasmi merasa senang dan terharu. Ia tak menyangka akan dibuatkan rumah oleh Pemerintah Desa dan ia pun mengucapkan terima kasihnya, “Terima kasih pak atas bantuan rumahnya. Saya tidak bisa membalas apa apa, Lemah Teles Gusti Allah Sing Mbales,” kata Mbah Lasmi.

Terpopuler