Connect with us

Breaking News

Bupati Terima Tim Polda Jateng untuk Percepatan Pembangunan RS Bhayangkara di Blora

Published

on

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., didampingi Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si., pada Kamis (3/2/2022) Kemarin, menerima tim perencanaan dari Polda Jawa Tengah dipimpin AKBP Yudi Priyono, S.H., SSTMK., M.H., Kabag Renprogar Biro Perencanaan Polda Jateng.

Kedatangan tim dari Polda Jateng ini sebagai upaya untuk koordinasi percepatan tahapan pembangunan RS Bhayangkara yang akan dibangun oleh Polri di Kabupaten Blora. Hadir dalam kesempatan ini Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah, SH., MH., Kepala Kantor BPN, dan Kabid Aset BPPKAD Blora.

“Rencana pembangunan rumah sakit Bhayangkara ini kita usulkan menjadi prioritas utama sehingga masuk perencanaan yang dikawal langsung di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas. Sehingga kami minta Pemkab segera memberikan dukungan dokumen yang kami butuhkan,” ucap AKBP Yudi Priyono.

Kabag Renprogar Biro Perencanaan Polda Jateng juga mengapresiasi langkah Pemkab Blora yang pada akhir Desember 2021 kemarin telah melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait hibah lahan untuk lokasi pembangunan yang dilaksanakan di Mapolda Jateng.

“Akhir Desember kemarin memang sudah dilaksanakan penandatanganan NPHD dari Pemkab ke Polda, selanjutnya kami ingin memastikan bahwa lahan ini statusnya siap bangun dan telah beralih ke Polda Jawa Tengah. Kita membutuhkan dokumen-dokumen sebagai penguat perencanaan, termasuk status asetnya, dan peralihannya,” lanjut AKBP Yudi Priyono.

Menanggapi hal ini, Bupati Blora H. Arief Rohman, pun langsung memberikan dukungan kepada tim Polda, dengan meminta Sekda untuk berkoordinasi langsung dengan pengelola aset daerah di BPPKAD dan Kantor Pertanahan (BPN) untuk segera memproses peralihan status tanah usai tahapan NPHD.

“Pak Sekda, bersama BPPKAD dan BPN tolong segera lakukan koordinasi, disiapkan dokumen apa saja yang dibutuhkan Polda, dibuat sekalian timeline tahapannya agar tidak molor prosesnya. Pada dasarnya kita siap membantu, apalagi ini merupakan bentuk perhatian Polri kepada Blora agar memiliki fasilitas kesehatan yang lebih baik. Ikan sepat, ikan gabus, ditambah ikan lele. Semakin cepat semakin bagus dan jangan bertele tele,” ujar Bupati Blora.

“Nantinya tidak hanya untuk Blora saja, RS Bhayangkara tipe B yang akan dibangunkan Polri ini kita harapkan juga menjadi rujukan bagi wilayah sekitar Blora seperti Pati, Rembang, Grobogan, dan sebagian Sragen hingga Ngawi. Sehingga tidak harus jauh – jauh merujuk ke Solo atau Semarang,” tambah Bupati H. Arief.

Untuk diketahui, sesuai rencana, pembangunan rumah sakit Bhayangkara
ini akan dilaksanakan di lahan seluas 2,2 hektare yang berlokasi di Desa Jagong, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Pada Desember 2021 juga telah dilakukan peninjauan lapangan (rencana lokasi RS) oleh tim dari Polda Jateng.

Terpopuler