Connect with us

News

Warga Diimbau Lebih Mengaktifkan Ronda Malam, Berikut Manfaatnya Bagi Lingkungan

Published

on

Polres Kebumen – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Kegiatan ronda malam sangat penting keberadaannya untuk ikut bersama mendukung kepolisian dalam menjadi situasi Kamtibmas.

Malam ini giliran Polsek Prembun menyambangi warga yang tengah menggelar ronda malam di Pos Kamling atau Pos Ronda yang ada di wilayah Kecamatan Prembun.

Dari hasil pantauan, hingga dini hari, warga masih aktif ronda malam di sejumlah Pos Ronda, Kamis (20/1).

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres AKP Tugiman, sudah semestinya warga kompak menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

“Warga kita masih aktif melakukan ronda malam. Ini sangat positif. Efek dari lomba Pos Kamling yang digelar beberapa waktu lalu oleh Sat Binmas Polres Kebumen masih ada, dan warga semakin aktif,” jelas AKP Tugiman.

Antusias warga melakukan ronda malam di Pos Kamling, diharapkan akan mengurangi niat jahat pelaku kejahatan saat akan beraksi serta membantu Polri dalam mewujudkan situasi Kamtibmas.

Pos Kamling bisa juga dikatakan sebagai kepanjangan tangan Polri dalam menjaga keamanan di tiap-tiap daerah.

Poskamling merupakan istilah dari pos keamanan lingkungan. Diketahui bersama, keamanan dan ketertiban lingkungan sangat penting adanya.

Untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman maka perlu selalu diaktifkan pos sistem keamanan lingkungan atau Poskamling dan pos jaga di sejumlah wilayah.

Kegiatan positif lainnya, selain menjaga keamanan warga melakukan “jimpitan” yang biasanya dipasang di pintu rumah-rumah warga.

“Saat melakukan jimpitan ini, secara tidak langsung warga melakukan patroli dan mengecek apakah pintu rumah warga sudah terkunci dengan betul,” tukas AKP Tugiman.

Hal menarik lain dari hasil jimpitan yang diambil setiap hari bisa memberikan konstribusi dana sosial kepada warga yang mengalami musibah, ataupun bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang lebih produktif.

Melihat dampak positif dari ronda malam, AKP Tugiman mengimbau kepada masyarakat yang daerahnya belum aktif ronda malamnya untuk segera menggiatkan kembali.

(Humas Polres Kebumen)

Terpopuler